Jumat, 10 Juni 2011

Keliling Sanggar Dan Butik Pengantin Di Jakarta (Part 1)

Fiuuuuuuuhh…. Lagi getol-getolnya pengen ngeblog nih. Eh sekalinya males, sampe berbulan-bulan nggak nengok blog. Hehehe…. Nggak apa-apa lah. Mumpung sekarang lagi ada mood dan nggak ada kerjaan *dasar pengacara*, jadi let’s goooooooo!

Kali ini gue lagi pengen nge-review vendor-vendor kebaya sekaligus penata rias untuk wedding. Karena siapa tahu aja postingan gue ini bermanfaat buat para capeng di luar sana. Yah paling nggak, hasil dari ngider ke… *ngitung dulu* delapan sanggar lah kira-kira *hwaaaaaaaks???* bisa bermanfaat juga buat orang lain. Karena gue pun sangat terbantu oleh para blogger lain yang me-review sanggar-sanggar yang mereka datangi. Jadi gue juga ingin ‘meramaikan’ blog gue ini dengan catatan serupa (tapi tak sama), yang gue harap bisa bermanfaat buat para capeng lain di luar sana.

Meski sebetulnya agak capek, tapi buat gue ini sangat-sangat menarik dan pastinya akan berguna di kemudian hari. Pertama, karena gue emang seneng memilah-milah. Gue belum akan menjatuhkan pilihan sebelum gue mengubek seluruh sanggar yang ada di Jakarta. Meski banyak orang bilang, buat apa kesana-sini kalau sudah ada yang cocok, cuma akan bikin diri sendiri bingung. Yups, gue tidak membantah pernyataan tersebut, justru gue sangat membenarkan. Hehehe… Tapi emang dasarnya gue ini miss.Penasaran, nggak klop aja kalo belum menjelajah semua yang ada. Paling nggak, gue nggak akan nyesel dengan apa yang nanti gue pilih, karena memang udah melalui proses seleksi yang ketat dengan masing-masing poin kelebihan dan kekurangannya *apa siiih?*.

Dan satu lagi yang sangat tidak gue sesali, ini nantinya akan mempermudah gue kalau kelak gue buka jasa WO. Hahahaha… jangan tanya kapan cita-cita itu muncul ke permukaan, udah jelas gitu looooh!

Okey, kita mulai review satu persatu ya vendor kebaya yang sudah gue datangi.

1. Rumah Mode Yani’s

Gue tau butik ini dari majalah Perkawinan yang nyokap beli. Dari gambar-gambar di majalah, kebayanya bagus-bagus banget, dengan model ekor panjang menyapu lantai gitu deh. Ngeliat alamatnya yang ternyata nggak begitu jauh dari rumah gue, maka ngacirlah gue dan my nyokap keesokan harinya kesana. Ini butik pertama yang gue kunjungi.

Pertama kali menginjakkan kaki disana, udah kecium banget deh betapa eksclusive-nya butik tersebut. Tempatnya etnik banget, dengan pintu kayu dan tangga kayu. Sejuk lah pokoknya.

Setelah melalui resepsionis, kita dibawa ke lantai atas tempat dimana kebaya-kebaya yang lebih eksclusive berada. Waktu itu, nama marketingnya mba Ernie, dan orangnya ramah sekali. Ngeliat kebaya-kebaya yang nangkring di manekin, air liur gue serasa ngeces. Mantabh banget bo’! Kebanyakan koleksi mereka dengan model ekor terpisah, dan panjang-panjang, penuh payet pula! Pas banget sama kebaya impian gue.

Tapiiii… dimana ada harga, disitulah ada rupa. Hehehe… Seperti yang sudah gue duga sebelumnya, harga sewanya dua langit! Tapi emang sih dengan harga segitu gue rasa cukup worth it. Mereka pasang harga 8,25 juta untuk sepasang busana resepsi. Itu belum termasuk yang lain-lain kayak beskap bapak, rias, dll. Sedangkan untuk paketannya starting 19 juta. Tapi karena gue nggak ngerasa sreg sama riasannya, jadi gue nggak bakal ambil harga paketan kalau jadi pakai kebaya dari mereka.

Keluar dari sana, gue terbayang-bayang dengan kebaya warna gold yang sempet gue pegang-pegang. Dan sepertinya nyokap gue juga naksir berat. Jadilah akhirnya gue dihantui kebaya tersebut dalam mimpi. Dan setelah berdiskusi sama nyokap en bokap, akhirnya mereka (terpaksa) mengabulkan keinginan gue kalau emang hati gue nggak bisa pindah lagi ke yang lain. Mungkin mereka takut kali ya anaknya terbengong-bengong di hari pernikahan karena memikirkan kebaya yang tidak kesampaian. Hahahahahaha….

Tapi eh tetapiiii…. ‘Petualangan’ gue kan nggak berhenti sampai disitu. Meski udah naksir berat sama kebaya di RMY, bukan berarti gue nggak ngider ke butik lain dong. Siapa tahuuuuu, ada kebaya yang sama bagus, dengan harga sewa yang jauh lebih murah!

Alamatnya: Karinda Plaza Blok B1/20 Jl. Karang Tengah Raya, Cilandak, Lebak Bulus-Jaksel 12440 Tlp: 021-7693025, 021-75905068, 021-75905025

Kebaya: 8,5 Tata rias: 7 Pelayanan: 7,5


2. Sanggar Diamond

Ini butik kedua yang gue kunjungi. Beberapa kali sempat gue baca review, kalo sanggar ini kurang welcome dalam pelayanan. Seperti agak-agak dicuekin gitu karena mereka sangat sibuk. Maklum ya, mungkin kliennya emang banyak. Tapi pas gue datang kesana, nggak terbukti tuh. Kita dilayani dengan baik banget. Di meja bulat berisi sekitar 5 kursi gitu, dengan monitor di tengah-tengah meja yang bisa bikin kita leluasa ngelihat dekornya seperti apa, contoh riasan seperti apa, dan lain-lain. Jadi di sanggar ini kita bisa ambil paketan. Untuk catering, dekorasi, dokumentasi dll. Istilahnya, one stop wedding solution gitu lah. Dan dari gambar-gambar yang gue lihat, wuiiiiih… dekorasinya mantabh tenan jeng! Catering, dokumentasi, dll pokoknya perfect lah! Dan sekali lagi, ada harga ada rupa. Harga paketannya memang lebih mahal dari one stop wedding solution kebanyakan. Untuk 1000 orang itu mencapai 85 juta. Sementara rata-rata yang gue tahu, OSW lain yang dibawah mereka, rata-rata kisaran 50-70 juta untuk 1000 orang.

Ya sudah, gue concern ke busana dan tata riasnya aja. Dan harga paketan busana+tata rias disana jauh lebih murah daripada di Yani’s (dan juga sanggar-sanggar lain yang kemudian gue kunjungi). Starting 7,5 juta. Tapi itu cuma dapet untuk resepsi aja, sedangkan untuk akadnya nggak. Kalau mau nambah untuk rias dan kebaya untuk akad, nggak tau deh nambah berapa, tapi kebaya-kebaya disana itu harga sewanya kisaran 2-3 juta.

Tapi karena pada saat itu gue udah keburu ngeliat kebayanya RMY, jadilah kebaya-kebaya di Diamond gue pandang sebelah mata pada saat itu. Nggak gue buka-buka tuh lemarinya karena lihat kebaya yang dipasang di manekinnya aja, udah di bawah standar RMY. Padahal, kalau gue mau lihat dengan mata batin yang lebih jernih *hueeeks*, kebaya disana bagus-bagus! *sadar pas kunjungan kedua setelah keliling ke semua sanggar* Dan make-upnya juga bagus banget. Sayang, perias paling bagus disana itu bencuong. Bukannya gue menganggap rendah atau apa gitu ya. Tapi nggak sreg aja kalau dirias sama laki-laki *bencong kan tetep laki-laki*, secara gue kan berjilbab, en nggak mau kalau rambut ini terlihat laki-laki lain selain keluarga dan suami gue nanti. Jadi takutnya nanti repot. Dan takutnya cami gue nanti nggak suka kali muka gue di oprek-oprek ama laki laen, meskipun cuma untuk rias. Hehehe…

Pokoknya sanggar ini recommended banget, apalagi kalau untuk riasan nasional/modern. Selain harganya yang nggak terlalu mahal, kebaya-kebayanya juga bagus banget dan selalu up to date. Tiap gue datang kesana pasti selalu ada yang baru.

Nah ini dia alamatnya:

Jl. Amil Raya no. 60 Pejaten Barat, Pasar Minggu Jak-sel. Tlp: 021-7943561, 021-7984746

Kebaya: 7 Tata Rias: 8 Pelayanan: 7,5


3. Miarosa

Seperti yang gue ceritakan pada postingan sebelumnya, gue jatuh cinta sama riasan sanggar ini ketika gue datang kesana dan buka-buka albumnya. Before-afternya itu loh, ga ada mirip-miripnya deh. Mereka bisa menutupi kekurangan-kekurangan yang ada pada wajah. Yang mukanya penuh bekas jerawat bopeng-bopeng gitu bisa dibikin cantik abis bak model sama mereka. Itu yang gue lihat di albumnya loooooh! *perlu minta persenan nih sama ibu Samia hehehe…*

Tapi ya itu dia, waktu gue kesana sih kebayanya sama sekali nggak ada yang cocok. Biasa banget koleksinya. Malahan kayak usang gitu, dan ada beberapa yang nggak terawat. Gue nggak tahu, apa hanya itu koleksi mereka atau perlu janjian dengan Ibu Samia (ownernya) buat ngeliat koleksi kebaya eksclusive-nya? Nggak ngerti deh.

Tapi butik ini jadi second choice gue. Dan kalau emang gue pakai vendor ini nanti, mungkin cuma riasan aja yang gue pakai kalau emang kebaya-kebaya disana nggak ada yang lain lagi dari yang waktu itu gue lihat.

Untuk pelayanan, gue rasa mereka agak kurang. Mungkin karena waktu itu gue datang pas hari Sabtu, jadi rame pisan euy, nggak ke-handle deh. Sempet dicuekin tuh lama banget. Dan pas berhasil tanya, eh ngejelasinnya cepeeeeeeet banget kayak kereta api Jakarta-Bogor. Gue yang waktu itu udah keburu bete duluan gara-gara dicuekin jadi makin susah mencerna penjelasannya ke otak. Dan ngejelasinnya itu kayak buru-buru gitu deh, kayak pengen biar gue cepet-cepet pergi! *jadi suudzan kan tuh*

Tapi ga apa-apa lah, itu berarti lain kali kalau gue perlu kesana lagi, gue mungkin nggak akan pilih hari libur. Kalau sepi aja masih dicuekin, baru deh itu namanya TERLALUUUUUUUU!

Alamat Sanggar Miarosa: Jl. Bambu Duri 1 no.5 Jaktim 13430 Tlp: (021) 6814 4721, 0812 131 8871, 0878 8208 6243

Kebaya: 6 untuk yang ada di lemarinya, Tata Rias: 8, Pelayanan: 6


4. Berkat Kebaya (Tebet)

Nah, vendor kebaya yang ini pun pertama kali gue lihat dari majalah Perkawinan. Disitu yang jadi modelnya adalah Shireen Sungkar en Teuku Wisnu. Dan kebaya-kebaya yang dipakai itu bener-bener ciamiiiiiink! Full swaroski en bener-bener bagus baanget lah! Nggak usah ditanya lagi, gue pun jatuh cinta.

Beberapa hari kemudian gue cari alamatnya yang di Tebet, secara showroom yang di ITC Cempaka kejauhan dari tempat gue. Tapi sayang banget, pas sampai sana, cuma sedikit koleksinya. Cuma ada kira-kira 4 kebaya yang dipasang di manekin, dan mereka nggak simpen stok lagi. Emang sih kalau mau puas lihat-lihat ya di ITC Cempaka itu. Tapi cukuplah gue tanya-tanya sama marketingnya tentang harga sewanya. Dan jreng jreeeeeeng! Kebaya yang standar itu kena sewa 6 juta, belum termasuk beskap pengantin laki-laki, atau rias atau apapun, cuma tok kebaya doang. Dan pas gue tanya harga sewa kebaya yang dipakai Shireen di majalah Perkawinan, harga sewanya 12,5 juta katanya. Huaaaaah! Harga segitu belom sama tetek bengek yang lainnya! Jadi ya sudahlaah, tanpa berniat untuk lihat-lihata ke Cempaka, langsung aja gue coreeeeeeeeeeeet! Tapi nggak heran sih, lha wong kebaya-kebayanya Mbak Devina (designernya) itu dipakai sama seleb-seleb. Ya harganya juga ‘nyeleb’. *Haduh inget strata donk Maryaaaaaaaam* Hihihi….

alamatnya: -Quest Lounge: Jl. Tebet dalam Raya no. 51B Tebet Jaksel (sebelah dapur coklat) Tlp: 0817768734

-Show room: ITC Cempaka Mas Lt. V Blok NFC No. 173-176 Tlp: 021-92364725, 021-42884470, 081908822225

Kebaya: 9, Tata Rias: nggak tahu karena nggak tanya, Pelayanan: 6 untuk Quest lounge Tebet

Untuk sementara ini segitu dulu deh review-nya. Yang lainnya menyusul ya… Masih ada Sanggar Liza, Lace Butik, Ancha Ady, dan Anggun Busana. Sampai jumpaaaaaaaaaaaaah! ^_*

1 komentar:

  1. cakep-cakep bajunya, tapi harganya gak kepikiran ampun mahal nya hahaha.

    salam persohiblogan ^_^

    BalasHapus