Rabu, 23 Desember 2009

The Rich Is....

Harta benda ga bakal kita bawa sampe ke liang kubur. Terus, ngapain kita capek2 nyari duit? Nyari penghasilan melimpah?

Cuma orang egois yang bertanya seperti itu, kalo menurut gw. Org yang hanya memikirkan diri sendiri. Bingung harta itu mau di apain. Padahal, banyak jalan, Sangat banyak jalan. Lo bisa bikin masjid, lo bisa bikin pesanteren, lo bisa bantu orang miskin, ngasih makan anak yatim, gembel, lo bisa naikin haji orangtua lo, sodara lo, istri lo, suami lo, anak-anak lo.... Lo bisa mensejahterakan mereka..., ngasih pendidikan terbaik buat anak-anak lo. Ngasih kehormatan buat istri dan anak lo....kehormatan yg gw maksud emang bukan kehormatan karena punya harta yang melimpah, lalu disegani banyak orang. Tapi kehormatan untuk ga meminta sama orang lain, ga menyusahkan orang lain. Masih bingung harta buat apa? Harta itu memang gak akan habis kalo lo makan sendiri. Mungkin emng lo bisa bahagia dengan hidup miskin...tapi gak akan ada banyak hal yang bisa lo perbuat untuk diri lo, agama lo, keluarga lo, bangsa lo. Yang ada, lo nyusahin orang lain, termasuk anak istri/suami lo.

Mungkin ada beberapa orang yang emang ngga mempunyai keinginan untuk kaya. Mungkin kekayaan bisa bikin dia buta. Bikin lupa diri. Tapi gue yakin, kalo seseorang punya iman, gak akan terjadi seperti itu. Kaya miskin semuanya memang ujian. Tinggal lo yang harus pilih. Hidup adalah pilihan kan? Kaya miskin juga pilihan. Tinggal lo pilih, mana yang paling baik menurut lo.
Menjadi kaya, itu berarti lebih banyak tanggung jawab atas harta yang lo gunain.
Atau miskin, lo ga perlu repot-repot beramal en nyumbang fasilitas untuk kepentingan agama lo, dan rela melihat anak istri/suami lo hidup seadanya. Yeah, gak ada yang salah emang dengan kata ‘seadanya’. Yang salah adalah dunia, yang semakin hari semakin pasang tarif lebih tinggi untuk membeli kebutuhan-kebutuhannya. Artinya kata-kata ‘seadanya’ itu apa sih sekarang?

Satu hal lagi, bukankah amal jariyah adalah suatu perbuatan yang pahalanya tak akan pernah terputus?
AMAL-JARIAH: Amal Jariah artinya pekerjaan yang baik umpamanya dia menyumbangkan tenaga atau harta atau fikiran kepada masyarakat untuk pembaikan atau pembiayaan untuk masjid, musholla, madrasah, rumah sakit dan sebagainya maka selagi masjid masih digunakan beribadat, musholla dan madrasah dipakai orang, maka selama itu pula orang tadi mendapat pahala di sisi Tuhan


Jujur, gue jauh lebih memilih kaya. Karena... gue gak mau nyusahin banyak orang, gue pengen bantu orang, ngasih yang terbaik buat keluarga gue dan orang-orang yang gue cintai, gue pengen bangun fasilitas untuk kepentingan agama gue juga tentunya. Pengen bisa naik haji, sama keluarga gue (anak suami en ortu en edek2 gue). Pengen ngasih anak-anak gue pendidikan terbaik, pokoknya banyak banget. Gue yakin gue pasti bisa.

Karena hidup adalah pilihan, kalo kita udah bertekad sama suatu hal, gue yakin bakal dibukain jalan menuju ke sana, asal niat kita baik. Apa yang lo pilih, Insyaallah itu yang akan terjadi.

Hidup di dunia cuma sekali. Setelah kita mati, gak akan mungkin kita bisa balik lagi. Selama gue masih diberi kesempatan hidup, gue pengen lakuin yang sebaik-baiknya, sebanyak-banyaknya. Nabung, buat bekal di akhirat nanti. Dan mungkin ini salah satu cara gue. Ya, siapa sih yang gak pengen kaya? Semuanya sama kan, pasti pengen kaya, yang beda cuma tujuannya aja.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar