Jumat, 22 Mei 2009

Mandi Malam Penyebab Rematik?

Gw lumayan sering mandi malem. Apalagi kalo balik malem, jam11an gitu. Pasti gw mandi sekitar jam12an. Soalnya gw gak bisa tidur kalo gak mandi dulu. Rasanya badan kayak ditempelin apaaaa…gt!!
Dan pacar gw sering protes. Dia selalu bilang, “jangan mandi malem, nanti rematik!”
Oke…oke…, gw juga gak mau mandi malem. Gue ngerti dia khawatir. Tapi, apa iya mandi malem bikin rematik?? Kata orang tua jaman dulu sih gitu…tapi bener gak tuh???
Kita berdua sampe berdebat gitu… soalnya gw pernah baca, kalo mandi malem bukan penyebab rematik! Tapi gw lupa lagi apa isinya…
So, karena rasa penasaran gw, akhirnya gw menyelidiki, apakah benar, mandi malem itu menyebabkan rematik???
Dan hasilnya adalah…..



Rematik

Rematik sebenarnya terdiri dari beberapa jenis. Jenis-jenis rematik tersebut bergantung pada penyebab terjadinya rematik. Sebagian besar rematik disebabkan oleh adanya peradangan pada sendi. Peradangan sendi ini pun dapat terjadi mulai dari kekurangan hormon estrogen, faktor genetik, osteoporosis, hingga karena tingginya kadar asam urat dalam darah. Sebenarnya kebiasaan mandi malam tidak berpengaruh secara langsung terhadap timbulnya penyakit rematik. Mandi malam akan berpengaruh terhadap timbulnya nyeri sendi jika memang sudah memiliki riwayat penyakit rematik. Hal tersebut berkaitan dengan menyempitnya pembuluh darah akibat hawa dingin yang akan berpengaruh pada kurang tersuplainya oksigen ke sendi sehingga terjadilah nyeri. "Jangan mandi di malam hari, nanti bisa kena penyakit rematik!" Banyak orang sudah terlanjur percaya dengan hal itu. Tetapi benarkah? Atau hanya mitos belaka?
(http://thenewpiogama.wordpress.com/)



Rematik sebenarnya penyakit yang jenisnya mencapai 100 macam ini menyerang persendian. Itu sebabnya, rasa sakit dan bengkak pada sendi menjadi gejala umum. Penyakit ini bisa tidak hanya diderita oleh orang tua tapi juga bisa diderita oleh remaja bahkan anak-anak.
"Rematik bisa menyerang orang tua penyebabnya karena usia lanjut. Kalau terjadi pada penderita dibawah usia 20 tahun, itu terjadi karena proses peradangan, sistem kekebalan yang tidak benar. Ada produksi anti bodi pada tubuh yang tidak normal," kata ahli penyakit dalam (internist) dan rheumatologi, Dr Bambang Setyohadi.
Hal itu dia sampaikan dalam acara Pelatihan Calon Penyuluh Masalah Rematik Untuk Awam, di RS Cipto Mangunkusumo, Jl Diponegoro, Jakarta, Selasa (12/8/2008).
Bambang menjelaskan, penyebab penyakit rematik sendiri belum bisa diketahui pasti, alias masih misterius. Itu sebabnya, mandi malam bikin rematik hanyalah mitos.
Meski demikian, bukan berarti penyakit ini tergolong remeh. Bambang mengungkapkan, hanya sekitar 5 persen penderita penyakit ini yang bisa sembuh total.
"Kita tidak bisa mengatakan seorang penderita bisa sembuh tuntas. Kita sebut remisi, bukan tuntas. Walaupun sembuh itu bisa kambuh lagi, hanya beberapa persen yang bisa sembuh total," jelas pria berkacamata ini.
Menurut dia, dalam keadaan darurat, penderita rematik bisa menggunakan obat-obat yang dijual bebas. Namun jika 2 atau 3 hari kemudian masih mengalami rasa sakit, sebaiknya segera berkonsultasi dengan dokter.
"Nanti akan diberikan obat-obat yang benar-benar untuk rematik. Agak keras, tetapi bisa memblok rematiknya," pungkasnya.
(www.detiknews.com)



MANDI adalah salah satu upaya membersihkan badan. Mandi biasanya dilakukan sehari 2 kali, yakni pagi setelah bangun tidur dan sore hari sepulang dari aktivitas seharian. Mandi jarang dilakukan pada malam hari, kecuali bagi mereka yang pada sore hari tidak sempat mandi karena ada pekerjaan sampai agak malam. Lalu apakah mandi malam berefek buruk bagi kesehatan?
Menurut dr Cici Lia Novita, mandi pada malam hari sebenarnya tidak membawa dampak negatif bagi kesehatan bagi orang yang tidak mempunyai riwayat penyakit tertentu seperti rematik, jantung dan asma.
Ia mengakui, jika waktu malam hari itu udara khususnya di Indonesia kelembabannya lebih tinggi sehingga bila tubuh yang sudah kedinginan diberi air dingin akan menjadi kaku. “Tidak masalah, selama kondisi tubuh sehat dan tidak ada penyakit rematik, jantung dan asma,” ujarnya saat ditemui di Puskesmas Tanjung Pinang, kemarin.
Bagi penderita penyakit rematik memang tidak dianjurkan untuk mandi malam hari, karena dengan semakin dinginnya tubuh dan sendi akan membuat sendi-sendi yang terkena rematik menjadi kaku sehingga akan timbul rasa sakit yang kita kenal sebagai serangan rematik. “Makanya jika bisa mandi lebih pagi kenapa harus selalu mandi di malam hari, agar tubuh jadi tidak kedinginan. Untuk menghindari akibat yang tidak diinginkan,” ujar lulusan Fakultas Kedokteran Universitas Gajah Mada UGM) ini.
Sebenarnya kebiasaan mandi malam tidak berpengaruh secara langsung terhadap timbulnya penyakit rematik. Mandi malam akan berpengaruh terhadap timbulnya nyeri sendi jika memang sudah memiliki riwayat penyakit rematik. Hal tersebut berkaitan dengan menyempitnya pembuluh darah akibat hawa dingin yang akan berpengaruh pada kurang tersuplainya oksigen ke sendi sehingga terjadilah nyeri.

Namun, ada baiknya jika cuaca dingin, mandi malam hari menggunakan air yang hangat dan ketika badan tidak sedang sakit. “Kalaupun rematik, kalau pakai hangat sebenarnya tidak masalah. Apalagi, jika kondisi tubuh sedang gerah dan lelah. Karena mandi akan membuat tidur lebih nyenyak,” ujar dr Cici.

Mengenai mandi malam bagi ibu hamil, dr Cici mengatakan sama saja. Hanya saja, sebaiknya menggunakan air hangat karena biasanya pada saat hamil pembuluh darah menyempit dan ini juga terjadi pada tubuh dalam keadaan dingin. “Makanya dengan air hangat akan mencegah risiko terjadinya sakit kepala. Karena air hangat bisa memperlebar kembali pembuluh darah yang menyempit,” terangnya. Pada pagi hari pun demikian. Jika kondisi cuaca dingin, ada baiknya bagi penderita rematik untuk mandi air hangat. “Jadi bukan karena malam atau siang, tapi karena suhu air dan udara saja,” ujarnya.
(www.jambi-independent.co.id)




Jadi, mandi malem bukan penyebab rematik. Tetapi itu bisa jadi pemicu…ehm…apa ya? Yah baca aja deh diatas. Hehehe…
Gak ada maksud buat mandi malem terus kok…, gw jg ogah mandi malem2 buta…tatuuuut!!! Lagian gak bagus juga buat kesehatan… soalnya kalo mandi pake air panas repot masaknya, males!!

3 komentar:

  1. wah ... aku juga sering pulang malem, trus ngga mandi, awal2nya sih ngga nyenyak tidur ...
    karena keseringan jadi terbiasa ngga mandi, tidurnya juga jadi normal ...

    BalasHapus
  2. Tkx for detail nya
    maklum sering di ingetin trus klo mandi malem gk baik, makanya penasaran hehe

    BalasHapus